PENGARUH LATIHAN VARIASI TERHADAP KETEPATAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DISEKOLAH SMPN 3 SIMPENAN

Authors

  • RIKO GANDA ASMARA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v4i1.2620

Keywords:

Kata Kunci : Latihan Variasi Dalam Bola Voli

Abstract

 

ABSTRAK

Untuk mengetahui peningkatan latihan passing bawah bola voli disekolah SMPN 3 Simpenan menggunakan latihan variasi. Dari jumlah siswa 16 orang siswa, ada 8 orang dalam kategori kurang dan ada 8 orang dalam kategori kurang sekali dan masih mengalami kesulitan dalam menerima bola yang diservis.

 Penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan penelitian eksperimen yaitu “ one-group pretest – posttest design ”. variabel ini terdiri dari variabel bebas ( X ) dan variabel terikat ( Y ). variabel bebas ( X ) yaitu : Gerakan Latihan Variasi sedangkan variabel terikat ( Y ) yaitu : Teknik Dasar Passing Bawah . Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli disekolah SMPN 3 Simpenan. Dalam sampel penelitian ini sebanyak 16 orang siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli. Teknik pengumpulan data menggunakan passing bawah bola voli. Dalam instrument tes memiliki nilai validitas 0.733 dan Reliabilitasnya 0.758 dari kedua hasil tersebut menunjukan hasil yang signifikan.

Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dari hasil ketepatan passing bawah menggunakan latihan variasi. Hasil yang diperoleh T hitung -13,6 Sedangkan T tabel 3,65. Dalam kegiatan ekstrakurikuker ini menggunakan latihan variasi dari hasil latihan teknik dasar passing bawah bola voli memberikan pengaruh yang signifikan.

Downloads

Published

2024-02-21
Abstract viewed = 23 times