UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA HANG STYLE DENGAN MEDIA GANTUNGAN BOLA BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII Efforts to Improve Learning Outcome Long Jump Hang style Using Ball Hanger for Class VIII Junior High School

Authors

  • Paimin SMP N 2 Sukaraja Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v3i2.1862

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lompat jauh gaya hang style dengan media gantungan bola. Metode penelitian yang dilakukan adalah tindakan kelas. Sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sukaraja dengan jumlah 34 siswa. Pada proses pra siklus dilakukan wawancara kepada guru dan siswa untuk mengetahui penyebab kurangnya motivasi belajar siswa pada materi lompat jauh dengan gaya hang style. Pada siklus 1 siswa diberikan model pembelajaran dengan menggunakan media gantungan bola. Hasil dari siklus 1 belum maksimal karena dibutuhkan penyesuaian Untuk mengurangi hambatan yang muncul pada siklus I, peneliti memperbaiki cara mengajar. Pada siklus 2 pembelajaran berjalan dengan baik dan kondusif, siswa merasa nyaman mengikuti pembelajaran. Hasil dari siklus 2 sebesar 91,1% siswa memiliki nilai di atas KKM. Maka dari itu, media gantungan bola sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lompat jauh gaya hang style.

Kata kunci: Hasil Belajar, Media Gantungan Bola, Materi Lompat Jauh Gaya Hang style

 

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes in the hang style long jump material with hanging ball media. The research method used is class action. The research sample taken was class VIII students of SMPN 2 Sukaraja with a total of 34 students. In the pre-cycle process, interviews were conducted with teachers and students to find out the causes of the lack of student motivation in the long jump material with the hang style. In cycle 1 students are given a learning model using a ball hanging media. The results of cycle 1 have not been maximized because adjustments are needed. To reduce the obstacles that arise in cycle I, researchers improve teaching methods. In cycle 2 learning went well and was conducive, students felt comfortable participating in learning. The results of cycle 2 were 91.1% of students having scores above the KKM. Therefore, the hanging ball media is very influential in improving student learning outcomes in the hang style long jump material.

Keyword: Learning outcomes, Ball hanger, Long Jump Hang style

References

Adang S. 2000. Prinsip – Prinsip Perkembangan dan Modifikasi Permainan. Semarang: Depdiknas.

Erwansyah. 2021. Upaya Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Hang Style Dengan Media Bola Gantung Bagi Siswa Kelas XI SMK. J. Tunas Pendidik. 3(2):152–160.doi:10.52060/pgsd.v3i2.507.

Hafidz IA, Syafei MM, Afrinaldi R. 2021. Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. J. Literasi Olahraga. 2(2):104–109.

Hidayat M, Tomoliyus. 2013. Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Dengan Metode Bagian Progresif Siswa SMAN 1 Ceper. J. Keolahragaan. 1(1):84–103.doi:10.21831/jk.v1i1.2348.

Magdalena. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Penggunaan Media Alat Bantu Box bagi Siswa SDN 38 Ampenan. J. Teknol. Pendidik. J. Penelit. dan Pengambangan Pembelajaran. 5(2):166–173.doi:10.24114/jtp.v8i2.3329.

McNiff J. 1992. Action Research: Principles and Practice. London: MacMillan Education Ltd.

Mudian D. 2018. Pengaruh Latihan Loncat Katak Dan Loncat Naik Turun Bangku Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok. J. Ilm. FKIP Univ. Subang. 4(2):2461–3961.

Murniasari. 2008. Atletik. Jakarta: Ganeka.

Paturohman AD, Mudian D, Haris IN. 2018. Hubungan Antara Kecepatan Lari Dan Power Otot Tungkai Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas V SD Negeri Ciwiru Kecamatan Dawuan. J. Ilm. FKIP Univ. Subang. 4(1):2461–3961.

Prastowo MH. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Menggantung Dengan Menggunakan Alat Bantu Kotak Kardus. Syntax Idea. 3(3):579–591.

Prihandana DA. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung Melalui Alat Bantu. J. Pendidik. Jasm. Indones. 14(1):26–31.doi:10.21831/jpji.v14i1.21342.

Rahwana R. 2022. Penggunaan Media Bola Gantung Dalam Upaya Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Hang Style Bagi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kumai Tahun Pelajaran 2020/2021. Juristek.Untama.Ac.Id. 8(2):360–368.

Saputra Y, Rudiyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Ketrampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Sugandi.

Warsiyanti Y. 2019. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Lompat Tali pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik. 5(3):179–187.doi:10.20961/jpi.v5i1.33838.

Yuniawati E. 2013. Upaya meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Hangstyle Melalui Metode Drill. J. Conserv Dent. 16(4):1–11.

Downloads

Published

2023-01-21

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 118 times