Pengaruh Permainan Bola Pantul Terhadap Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Peserta Ekstrakurikuler Ma Al-Hidayah Sekarwangi-Cibadak Kabupaten Sukabumi Tahun 2021

Authors

  • Dejan Septa Winaldi

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v2i1.1428

Keywords:

Latihan bola pantul, kemampuan passing bawah ekstrakurikuler bolavoli

Abstract

Abstrak

 

          Pengaruh permainan bola pantul terhadap keterampilan passing bawah bolavoli pada ekstrakurikuler MA Al-Hidayah Sekarwangi-Cibadak Kabupaten Sukabumi. Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis menjawab sementara masalah dengan mengajukan hipotesis sebagai berikut: Terdapat Pengaruh permainan bola pantul terhadap keterampilan passing bawah bolavoli pada ekstrakurikuler MA Al-Hidayah Sekarwangi-Cibadak Kabupaten Sukabumi.

          Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh permainan bola pantul terhadap keterampilan passing bawah bolavoli pada ekstrakurikuler MA Al-Hidayah Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi?. dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh permainan bola pantul terhadap keterampilan passing bawah bolavoli pada ekstrakurikuler MA Al-Hidayah Sekarwangi-Cibadak Kabupaten Sukabumi. Adapun metodelogi yang digunakan adalah eksperimen dan instrumen menggunakan tes keterampilan passing bawah bolavoli, dengan jumlah sample penelitian sebanyak 21 orang pada siswa ekstrakurikuler MA Al-Hidayah Sekarwangi-Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui besarnya t hitung 15,747 dengan db 20. Kemudian skor th (t-hitung) tersebut dikonsultasikan dengan tt (t-tabel) pada taraf signifikansi 5% dan db 20 adalah 2,086. Hal itu menunjukkan bahwa skor th (t-hitung) lebih besar dari skor tt (t-tabel) (th: 15,747 > tt: 2,086). Dari tabel diketahui nilai p = 0,000; hal ini menunjukkan bahwa nilai p lebih kecil 0,05. Dengan demikian dipastikan bahwa Ho ditolak. Dan dipastikan pula hasil uji-t tersebut menunjukkan “Ada peningkatan keterampilan dasar passing bawah bolavoli dengan menggunakan metode bermain bola pantul peserta putra MA Al-Hidayah yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli”.

Additional Files

Published

2021-12-23

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 48 times