Pengaruh Modifikasi Media Latihan Terhadap Kemampuan Servis Atas Bolavoli Peserta Ekstrakurikuler Putri Di Sma N 1 Cisaat Kabupaten Sukabumi Tahun 2021

Authors

  • Imam Agus Faisal

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v2i1.1429

Keywords:

Modifikasi Media Latihan, Kemampuan Servis Atas, Ekstrakurikuler Bola voli

Abstract

Abstrak

 

             Pengaruh Modifikasi Media Latihan Terhadap Kemampuan Servis Atas Bolavoli Peserta Ekstrakurikuler Putri Di SMA N 1 Cisaat  Kabupaten Sukabumi.Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi Tahun 2021. Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis menjawab sementara masalah dengan mengajukan hipotesis sebagai berikut: “Terdapat pengaruh yang signifikikan antara peningkatan keterampilan Servis atas bolavoli dengan menggunakan modifikasi bola yang digantung Peserta Ekstrakurikuler Putri di SMA N 1 Cisaat Kabupaten Sukabumi”.   

            Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan modifikasi media latihan terhadap kemampuan servis atas bolavoli peserta ekstrakulikuler putri di SMA N 1 Cisaat Kabupaten Sukabumi?. dengan tujuan penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui pengaruh model latihan bola yang digantung terhadap peningkatan kemampuan servis atas bolavoli siswi ekstrakurikuler di SMA N 1 Cisaat Kabupaten Sukabumi. Adapun metodelogi yang digunakan adalah eksperimen dan instrumen menggunakan tes Sevis Atas, dengan jumlah sample penelitian sebanyak 20 orang pada siswi ekstrakurikuler di SMA N 1 Cisaat Kabupaten Sukabumi.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil nilai rata-rata nilai rata rata yang diperoleh ketika tes awal adalah 5,23 dengan simpangan baku 3,77. Sedangkan hasil tes akhir menunjukan nilai rata-rata 8.05 dengan simpangan baku 4,09. Dan hasil gain skore menunjukan nilai rata-rata 2,83 dengan simpangan baku 1,27. Maka dapat disimpulkan adanya peningkatan dari tes awal dan tes akhir. Dan hasil hipotesis dapat disimpulkan pula bahwa ᵗhitung (3,209) > ᵗtabel, (1,729), maka Ho di tolak. Sehingga dapat di simpulkan terdapat pengaruh yang signifikan Modifikasi Media Latihan Terhadap Kemampuan Servis Atas Bolavoli Peserta Ekstrakurikuler Putri Di SMA N 1 Cisaat  Kabupaten Sukabumi.

Additional Files

Published

2021-12-23

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 69 times