MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENJAS MATERI PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL KOOPRATIF STAD PADA SISWA KELAS 8F DI SMP PEMBANGUNAN CIBADAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Muhammad Albi Zaenudin Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v3i1.1536

Keywords:

Student Teams Achivement Divisions (STAD), Passing Bawah.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan pembelajaran penjas materi passing bawah melalui model pembelajaran Koopratif (STAD) pada siswa kelas 8F SMP Pembangunan Cibadak. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode pembelajaran koopratif (STAD) dapat meningkatkan kemampuan passing bawah. Metode yang di gunakan metode penelitian class-room action research. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Pembangunan Cibadak kelas 8F yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh.

            Hasil penelitian siklus I rata-rata skor aktivitas guru 6,5 kriteria “cukup” meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 10, kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa siklus I rata-rata skor 6,5, kriteria “Cukup” meningkat pada Siklus II menjadi 9,5, Kriteria Baik”. Rata-rata skor pengetahuan siklus I rata-rata skor 67, kriteria “Belum Tuntas” meningkat pada siklus dua dengan rata-rata skor 80,75, kriteria “Tuntas”. Sedangkan untuk nilai keterampilan passing bawah nilai rata-rata pra-siklus skor 62,9, dengan kriteria “Belum Tuntas”, meningkat pada siklus I rata-rata skor 74,2, kriteria “Belum Tuntas”, dan pada siklus II rata-rata skor 85,4, kriteria “Tuntas”. Berdasarkan temuan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif (STAD) dapat meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli pada siswa SMP Pembangunan Cibadak kelas 8F tahun akademik 2021/2022.

Downloads

Published

2022-07-21

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 28 times