IDENTIFIKASI KETERAMPILAN SERVIS BAWAH PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI MTS DARUL IHSAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Jumyati Unniversitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v3i1.1548

Keywords:

Bola Voli, Ektrakurikuler dan Servis Bawah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keterampilan dan ketepatan servis siswa di ektrakurikuler bola voli di Mts Darul Ihsan Kabupaten Sukabumi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian ini adalah siswa di ektrakurikuler bola voli di Mts Darul Ihsan Kabupaten Sukabumi dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa terdiri dari Laki-laki berjumlah 14 orang dan perempuan 10 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Instrumen yang digunakan yaitu AAHPER serving accuracy test 1969.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan siswa kategori “kurang sekali” sebanyak 1 siswa dengan pesentase (4%), kategori “kurang” sebanyak 6 siswa dengan persentase (25%), kategori “cukup” sebanyak 9 siswa dengan persentase (38%), kategori “baik” sebanyak 7 siswa dengan persentase (29%), dan kategori “Sangat Baik” sebanyak 1 orang siswa dengan persentase (4%). Dari data diatas dapat di peroleh persentase paling tinggi yaitu sebesar (38%) dengan jumlah siswa sebanyak 9 siswa dan berada pada kategori “Cukup” maka dapat di simpulkan bahwa servis bawah siswa ektrakurikuler bola voli di Mts Darul Ihsan Kabupaten Sukabumi berada pada kategori Cukup.

Downloads

Published

2023-07-21

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 23 times