PENGARUH LATIHAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP HASIL SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP PLUS MADINAH TUNNAJAH PARAKANSALAK SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Daden Saepul Rizal Al-Fiqri Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v3i1.1538

Keywords:

Latihan Kekuatan Otot Lengan, Kemampuan Servis Atas, Ektrakurikuler Bola Voli.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Hasil Servis Atas Permainan Bola Voli Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Plus Madinah Tunnajah Parakansalak Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Pre-Eksperimental Design yaitu dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini di ambil dari jumlah peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMP Plus Madinah Tunnajah Parakansalak Sukabumi yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh.

            Penelitian ini yaitu: (1) program latihan (2) latihan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis atas. Berdasarkan hasil penghitungan menggunakan teknik analisis uji normalitas, uji-F dan uji-T. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil nilai rata-rata yang diperoleh ketika tes awal adalah 22,60 dengan simpangan baku 3,81. Sedangkan hasil tes akhir menunjukan nilai rata-rata 31,40 dengan simpangan baku 5,10. Dan hasil gain skor/angka peningkatan 8,80 dengan persentase peningkatan 38,93%. Maka dapat disimpulkan adanya peningkatan dari tes awal dan tes akhir. Dan hasil hipotesis dapat disimpulkan pula bahwa ᵗhitung (9,693) > ᵗtabel, (2,093), maka Ho di tolak. Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Hasil Servis Atas Permainan Bola Voli Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Plus Madinah Tunnajah Parakansalak Sukabumi.

Downloads

Published

2023-07-21

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 38 times