Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan inquiry peserta didik Kelas VII B di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, presensi, laporan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) dan lembar observasi. Analisis data meliputi data informasi tentang keadaan peserta didik sebagai subjek penelitian dilihat dari asfpek kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data secara deskriftif, hasil penelitian membuktikan bahwa adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar yang menunjukkan meningkatnya kemampuan inquiry  dengan persentase ketuntasan prasiklus sebesar 10 %, siklus I 35% dan siklus II 77,5%.  Secara keseluruhan respon peserta didik terhadap model pembelajaran open inquiry menunjukkan hasil positif dengan kriteria yang “kuat” dan “sangat kuat”. Hasil tersebut diiringi dengan adanya pengamatan dan penilaian observer terhadap perilaku peserta didik dan aktivitas pendidik, kemudian penilaian laporan Lembar Kerja Peserta Didik menunjukkan peningkatan positif. Berdasarkan hal tersebut, maka model pembelajaran open inqiry dapat meningkatkan kemampuan inquiry peserta didik kelas VII B di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi.