Author Guidelines

KETENTUAN PENULISAN

Sistematika Penulisan:

  1. Artikel Hasil Penelitian:
  • Naskah merupakan naskah asli yang berkaitan dengan ilmu pendidikan berupa hasil penelitian dan belum pernah diterbitkan baik di dalam maupun di luar negeri. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan jarak 1,5 spasi, sepanjang 10-15 halaman dalam kertas A4 dengan font times new roman
  • Judul, ditulis singkat dan padat mencerminkan isi tulisan, maksimal 12 kata yang menggunakan Bahasa Indonesia dengan font times new roman 12, dan 10 kata yang menggunakan Bahasa Inggris.
  • Nama penulis, ditulis tanpa gelar akademik atau gelar kehormatan dan disertai catatan kaki tentang profesi, lembaga tempat penulis bekerja dengan font times new roman 10 cetak tebal dan nama tidak boleh disingkat.
  • Abstrak, berisi ringkasan tulisan dalam bentuk narasi yang berisikan isu-isu pokok, tujuan, metode/pendekatan dan hasil penelitian, diketik satu spasi, terdiri atas 100-150 kata dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia) dengan font times new roman
  • Kata kunci, berisi istilah teknis yang digunakan dalam tulisan maksimal 5 kata.
  • Pendahuluan, berisi gambaran tentang latar belakang, tujuan, rumusan masalah, manfaat, dan teori atau kajian pustaka yang melandasi penelitian, sekira 20% dari keseluruhan tulisan dengan font times new roman 11.
  • Metode penelitian, berisi pendekatan, metode, teknik, data penelitian, sekitar 10% dari keseluruhan tulisan dengan font times new roman 11.
  • Hasil penelitian dan pembahasan, berisi hasil penelitian dan pembahasan serta implikasi penelitian terhadap ilmu pendidikan, sekitar 60% dari keseluruhan tulisan dengan font times new roman 11.
  • Simpulan, berisi pemaknaan atas hasil penelitian, sekitar 10% dari keseluruhan tulisan dengan font times new roman
  • Pustaka rujukan, berisi sumber yang dirujuk dalam 10 tahun terakhir, diutamakan rujukan dari jurnal ilmiah. Pustaka rujukan ditulis menggunakan sistem Harvard Referencing Standard dengan font times new roman Pustaka rujukan yang digunakan minimal 80% merupakan sumber primer/artikel jurnal.
  1. Buku Teks

Penulis 1, penulis 2 dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul buku (cetak miring). Edisi. Penerbit. Tempat publikasi.

Contoh:

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Edisi 11. Alfabeta. Bandung.

       2. Buku Teks Terjemahan

Penulis 1, penulis 2 dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul buku asli (cetak miring). Edisi. Penerbit. Tempat publikasi. nama penerjemah, tahun, judul buku (cetak miring), edisi/cetakan, nama penerbit, kota penerbit.

Contoh:

Cresswell, J.W. 2008. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition.   Sage   Publication.   California.   Terjemahan   A.   Fawaid.   2010. Research   Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan 1. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

     3. Buku Terbitan Lembaga/Badan/Organisasi

Nama lembaga/badan/organisasi. Tahun publikasi. Judul buku (cetak miring). Edisi. Penerbit. Tempat publikasi.

Contoh:

Badan Pusat Statistik. 2013. Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi. Januari. BPS Jawa Timur. Surabaya.

     4. Buku Terbitan Lembaga/Badan/Organisasi (Berisi Himpunan Peraturan, UU, dan sejenisnya)

Nama lembaga/badan/organisasi. Tahun publikasi. Judul peraturan/UU yang dirujuk (cetak miring).nomor atau seri peratutan/UU. Edisi. Penerbit. Tempat publikasi.

Contoh:

Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VII Jawa Timur. 2012. Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. Sub-Bagian Akreditasi dan Publikasi Kopertis VII. Surabaya.

     5. Artikel Jurnal

Penulis 1, Penulis 2 dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul Artikel. Nama Jurnal Cetak Miring. Vol. Nomor jurnal (nomor junal dalam tanda kurung). Rentang Halaman.

               Contoh: Chang, C. & Tseng, K. 2009. Use and Performances of Web Based Portfolio Assessment. British Journal of Educational Technology. 40.(2): 358-370.

     6. Prosiding Seminar/Konferensi

Penulis 1, Penulis 2 dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul Artikel. Nama Jurnal Konferensi. Tanggal, Bulan dan Tahun, Kota, Negara. Halaman.

Contoh:

Juhanda, A. 2015. Pengembangan Asesmen Kesulitan Belajar untuk Menilai Kesulitan Belajar Mahasiswa Calon Guru Biologi. Prosiding pada Seminar Akhir Tahun 2015 LPPM UMMI. 25 Desember 2015. Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Hal. 78-95.

    7. Tesis atau Disertasi

Penulis (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul (Cetak Miring). Skripsi. Tesis, atau Disertasi. Universitas. Tempat perguruan tinggi.

Contoh:

Hermawan, J. (2016). Analisis Soal Tes Buatan Guru Biologi SMA Negeri Berdasarkan Taksonomi Bloom Se-Kota Sukabumi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Sukabumi.

     8. Sumber Rujukan dari Website

Penulis (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun. Judul. Alamat Uniform Resources Locator (URL) cetak miring. Tanggal dan jam unduh.

Contoh:

Utari, R. (2011). TAKSONOMI BLOOM: Apa dan Bagaimana Menggunakannya?. web.iaincirebon.ac.id/addin/wp.../09/Ranah-Taksonomi-Bloom.pdf  Diakses tanggal 14 Maret 2016 (14:35).

  • Penulisan Rumus, Tabel, dan Gambar mengikuti pedoman sebagai berikut:
  1. Penulisan Rumus

Rumus matematika ditulis dengan jelas menggunakan Microsoft Equation atau aplikasi lain yang sejenis dan diberi nomor seperti contoh berikut.

 

(1)

   

  1. Penulisan Tabel

Tabel diberi nomor sesuai urutan penyajian (Tabel 1, dst.) tanpa garis batas kanan atau kiri. Judul tabel ditulis dibagian atas tabel dengan posisi tengah dengan tabel seperti contoh berikut.

Tabel 1. Desain Penelitian

Kelompok

Pretes

Perlakuan

Postes

Eksperimen

O1

X1

O2

Kontrol

O1

X2

O2

 

  1. Gambar

Gambar diberi nomor sesuai urutan penyajian (Gambar 1, dst.). Judul gambar diletakkan di bawah gambar dengan posisi tengah (center justified) seperti berikut.

 

  1. Artikel Hasil Kajian (Pemikiran)
  • Judul, ditulis singkat dan padat mencerminkan isi tulisan, maksimal maksimal 12 kata yang menggunakan Bahasa Indonesia, dan 10 kata yang menggunakan Bahasa Inggris.
  • Nama penulis, ditulis tanpa nama gelar akademik atau gelar kehomatan.
  • Identitas penulis, berisi afiliasi lembaga dan alamat yang dapat dihubungi untuk kepentingan akademik.
  • Abstrak, berisi ringkasan tulisan dalam narasi, terdiri atas 100-150 kata, ditulis dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia ).
  • Kata kunci, berisi istilah teknis yang digunakan dalam tulisan maksimal 5 kata.
  • Pendahuluan, berisi gambaran tentang latar belakang, tujuan, rumusan masalah, dan manfaat yang diberikan dari topik tulisan, sekira 20% dari keseluruhan tulisan.
  • Pembahasan, berisi bahasan-bahasan topik kajian dibagi dalam subbahasan yang disesuaikan dengan kebutuhan tulisan, sekira 70% dari keseluruhan tulisan.
  • Simpulan, berisi pemaknaan atas hasil penelitian, sekira 10% dari keseluruhan tulisan.
  • Pustaka rujukan, berisi sumber yang dirujuk dalam 10 tahun terakhir, diutamakan rujukan dari jurnal ilmiah. Penulisan pustaka menggunakan aturan seperti pada artikel hasil penelitian.