Pembelajaran SFAE Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 4 Subang

Authors

  • Muhammad iqbal Harisuddin Pendidikan Matematika STKIP Subang

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i1.757

Keywords:

Komunikasi Matematis, Pembelajaran SFAE

Abstract

Penelitianini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 4 Subang lebih tinggi menggunakan model Student Facilitator And Explaining (SFAE)daripada memperoleh pembelajaran biasa.Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest Control Group Design.Kelompok eksperimen model pembelajaran SFAEsedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran biasa.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 4 Subang dengan sampel penelitian siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih Non-random sampling.Instrumenyangdigunakan dalampenelitian iniyaitu berupatesdannon tes.Kemampuan komunikasi matematis siswa diukur dengan instrumentesberupasoal-soalyang berbentukuraian.Sikap atau tanggapan siswadiketahui dengan Instrumennon tes berupa angket.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 4 Subang lebih tinggi menggunakan model pembelajaran SFAEdaripada memperoleh pembelajaran biasa.Sikap atau tanggapanpositif ditunjukan siswa ketika menggunakan model pembelajaran SFAE.

Downloads

Published

2020-06-17 — Updated on 2020-07-07

Versions

Abstract viewed = 221 times