Pembelajaran SFAE Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 4 Subang
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v6i1.757Keywords:
Komunikasi Matematis, Pembelajaran SFAEAbstract
Penelitianini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 4 Subang lebih tinggi menggunakan model Student Facilitator And Explaining (SFAE)daripada memperoleh pembelajaran biasa.Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest Control Group Design.Kelompok eksperimen model pembelajaran SFAEsedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran biasa.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 4 Subang dengan sampel penelitian siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih Non-random sampling.Instrumenyangdigunakan dalampenelitian iniyaitu berupatesdannon tes.Kemampuan komunikasi matematis siswa diukur dengan instrumentesberupasoal-soalyang berbentukuraian.Sikap atau tanggapan siswadiketahui dengan Instrumennon tes berupa angket.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 4 Subang lebih tinggi menggunakan model pembelajaran SFAEdaripada memperoleh pembelajaran biasa.Sikap atau tanggapanpositif ditunjukan siswa ketika menggunakan model pembelajaran SFAE.