Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Kecakapan Matematis Siswa

Authors

  • Fira Roziaturizkoh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP UMMI

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i1.759

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, TPS, Kecakapan Matematis Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan kecakapan matematis siswa serta untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal-hal yang dapat mendukung model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan kecakapan matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperiment. Desain ini mempunyai kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdapat dua kelas yang masing-masing dipilih secara acak, dimana satu diantaranya merupakan kelas eksperimen dan satu kelas merupakan kelas kontrol. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Sinar Fajar tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari 3 variabel dimana variabel bebas berupa Model Pembelajaran tipe TPS, variabel terikatnya meningkatkan kecakapan matematis siswa dan variabel kontrol berupa kelas dan siswa kelas VII. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diantara berupa observasi, dokumentasi dan metode tes. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dua sampel independen dikarenakan dua sampel yang diuji akan diberikan perlakuan yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan kecakapan matematis siswa di SMP Islam Sinar Fajar.

Downloads

Published

2020-06-17
Abstract viewed = 646 times