Penerapan Model Pembelajaran Realistik Mathematic Education Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Keterampilan Abad 21

Authors

  • Puji Anggraeni Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMMI

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i1.760

Keywords:

Keterampilan abad 21, Metode Realistik Mathematic Education, pendekatan Contextual Teaching and Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih baik dalam keterampilan abad 21. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen dengan desain penelitian yaitu Posttest-only control group desain. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Sinar Fajar tahun akademik 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya berupa observasi, dokumentasi dan tes tulis. Sedangkan teknis analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas dan kemudian uji t dua sampel Independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Realistik Mathematic Education dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih baik dari model pembelajaran Realistik Mathematic Education tanpa pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap keterampilan abad 21.

Downloads

Published

2020-06-17
Abstract viewed = 881 times