Evaluasi Perkembangan Prestasi Ekstrakurikuler Futsal SMP Islam Al Azhar 7 Kota Sukabumi 2019/2020

Authors

  • Raffa Athariq

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v1i1.1210

Keywords:

Ekstrakurikuler, , Evaluasi,, perkembangan prestasi

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan prestasi ekstrakurikuler futsal SMP Islam Al Azhar 7 Kota Sukabumi serta peran dari berbagai pihak seperti peran pelatih, pemain, dan manajemen/pembina ekstrakurikuler futsal SMP Islam Al Azhar 7 Kota Sukabumi pada tahun 2019/2020.

Teknik pengambilan subjek penelitian atau informan yang di gunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria: 1) Informan harus termasuk dalam ekstrakurikuler futsal SMP Islam Al Azhar 7 Kota Sukabumi. 2) Informan adalah orang yang dianggap unggul dan berkuasa, seperti Pelatih, Captain, dan juga Manajemen/Pembina dari ekstrakurikuler futsal SMP Islam Al Azhar 7 Kota Sukabumi. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisidata yang digunakan adalah metode Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pada pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Ardi Ariansyah menjadi informan utama, karena menjabat sebagai pelatih dan juga sebagai manajemen/pembina dari ekstrakurikuler futsal SMP Islam Al Azhar 7 Kota Sukabumi.

Hasil dari penelitian sebagai berikut: 1) Belum maksimalnya program yang diberikan oleh pelatih. 2) Belum maksimalnya prestasi ekstrakurikuler futsal SMP Islam Al Azhar 7 Kota Sukabumi pada tahun 2019/2020. 3) Belum lengkapnya sarana dan prasaran untuk menunjang kebutuhan pada saat latihan. 4) Kurangnya dukungan penuh dari berbagai pihak yang menyebabkan terhambatnya proses latihan. 5) Program yang telah dibuat belum maksimal dan program akan dirubah agar menjadi lebih baik kedepannya.

 

Downloads

Published

2021-06-04

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 173 times