Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Mts Manbaul Ulum Nyalindung 202

Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olhahraga dan Kesehatan

Authors

  • imrannuralam universitasmuhammadiyahsukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v3i1.1555

Keywords:

Evaluasi, Hasil Belajar, PJOK MTs Manbaul Ulum Nyalindung 2021

Abstract

metode kualitatif dengan pendekatan deskriftif, serta dengan melakukan observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data, menggunakan metode sampling yaitu snowball sampling dengan responden berjumlah 6 orang dari populasi 168 siswa MTs Manbaul Ulum Nyalindug. Analisis data dilakukdan dengan cara pengumpulkan data (observasi, wawancara, rekaman suara dan foto), perangkuman data, penyajian data, dan penyimpulan data. validasi data dilakukan dengan metode triangulasi data yang bersumber dari Guru PJOK, Kepala Madrasah dan Siswa/I MTs Manbaul Ulum Nyalindung, dengan bahan referansi yaitu rekaman foto dan lainnya. Penulis sangat bersyukur karena penelitian ini berhasil mengumkapkan persoalan-persoalan evaluasi hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi virus covid-19 di MTs Manbaul Ulum Nyalindung 2021. Persoalan-persoalan tersebut adalah (1) kesulitannya guru PJOK MTs Manbaul Ulum Nyalindug menyampaikan materi dengan WhatssUp Grup (wag) (2) adaptasi guru dan siswa yang lambat terhadapa kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan secara daring (3) kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran serta kurangnya perhatian orang tua terhadap proses belajar pada masa pandemi sehinnga mengakibatkan penurunan nilai atau hasil belajar siswa(4) kurangnya pasilitas yang ada di MTs Manbaul Ulum sehingga membuat guru PJOK merasa kesulitan pada saat menyampaikan materi kepada siswa.

Kata kunci: Evaluasi, Hasil Belajar, PJOK MTs Manbaul Ulum Nyalindung 2021

Published

2023-07-21

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 49 times