Augmented Reality dengan Metode Markerles Sebagai Media Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Pembelajaraan matematika bangun ruang untuk anak – anak kelas V Sekolah Dasar saat ini dengan keadaan WFH beberapa di tuntut guru dan murid belajar online lewat internet dan aplikasi yang berbasis animasi juga dengan penyampaian memaanfaatkan internet ini maka sudah sampai pada tiitk animasi menjadi media pembelajaraan untuk anak-anak sekolah dasar. Selain itu pola belajar anak yang suka bermain juga sangat mempengaruhi. Maka dari itu dibutuhkan metode pembelajaran yang mengacu kepada tiga aspek yaitu kemudahan, menyenangkan dan visual. Dari aspek mudah yaitu agar anak dapat memahami, menyenangkan agar anak dapat menikmati pembelajarannya, dan visual agar anak dapat menangkap gambaran bentuk objek yang ditampilkan. Markerless adalah sebuah metode yang sudah termasuk dalam augmented reality sehingga peggunaan metode markerless ini dapat semakin mempermudah pengguna untuk menggunakan aplikasi dalam pembelajaraan matematika bangun ruang ini dikarenakan tidak membutuhkan penanda khusus untuk dapat memunculkan objek 3d sehingga penggunaan aplikasi ini dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Hasil yang telah dimanfaatkan oleh aplikasi pembelajaraan matematika bangun ruang ini sudah dapat diaplikasikan dan menjadi sarana pembelajaran bagi anak – anak sekolah dasar. Oleh karena itu dibutuhkannya media pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Harapan kedepannya agar aplikasi ini dapat digunakan pada seluruh platform.