Aplikasi Pengenalan Hewan Laut Spesies Mamalia Menggunakan Markerless Berbasis Android

Main Article Content

Mochammad Fahmi Nazir

Abstract

ABSTRAK
Pengenalan hewan mamalia laut pada anak – anak saat ini biasanya masih dilakukan dengan cara menggunakan
media poster, buku gambar hewan laut. Namun media tersebut dinilai masih memiliki kekurangan. Anak – anak
cenderung cepat merasa bosan dan kurang tertarik dengan pola pembelajaran tersebut, karena kurangnya
interaktifitas dari media pembelajaran yang ada. Selain itu pola belajar anak yang suka bermain juga sangat
mempengaruhi. Maka dari itu dibutuhkan metode pembelajaran yang mengacu kepada tiga aspek yaitu
kemudahan, menyenangkan dan visual. Dari aspek mudah yaitu agar anak dapat memahami, menyenangkan agar
anak dapat menikmati pembelajarannya, dan visual agar anak dapat menangkap gambaran bentuk objek yang
ditampilkan. Markerless adalah sebuah metode yang sudah termasuk dalam augmented reality sehingga
peggunaan metode markerless ini dapat semakin mempermudah pengguna untuk menggunakan aplikasi
pengenalan hewan mamalia laut ini dikarenakan tidak membutuhkan penanda khusus untuk dapat memunculkan
objek 3d sehingga penggunaan aplikasi ini dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Hasil yang telah
dimanfaatkan oleh aplikasi pengenalan hewan mamalia laut ini adalah sudah dapat diaplikasikan dan menjadi
sarana pembelajaran bagi anak – anak usia dini. Oleh karena itu dibutuhkannya media pembelajaran yang lebih
interaktif dan menyenangkan. Harapan kedepannya agar aplikasi ini dapat digunakan pada seluruh platform
bukan hanya android saja dan diharapkan dapat berjalan online agar mempermudah dalam penambahan data dan
update aplikasi.

Article Details

How to Cite
Nazir, M. F. . (2022). Aplikasi Pengenalan Hewan Laut Spesies Mamalia Menggunakan Markerless Berbasis Android. Jurnal Informatika, 1(2), 93–103. Retrieved from https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/jift/article/view/3024
Section
Articles