Pengenalan Hewan Purbakala Dinosaurus Dengan Objek Animasi 3d Berbasis Augmented Reality Dengan Metode Markerless User Defined Target

Main Article Content

Ahmad Taufik Muharam

Abstract

Abstrak —Pengertian purbakala adalah istilah yang digunakan untuk menyebut masa ketika catatan sejarah belum ada. Pada zaman ini ada hewan yang bernama dinosaurus, dinosaurus adalah sekelompok hewan purbakala dari klad dinosaurus. Hewan dinosaurus ini termasuk kedalam hewan purba yang hidup jutaan tahun yang lalu yang pernah hidup di bumi ini. Metode untuk mempelajari hal tersebut pada saat ini dengan menggunakan Augmented Reality dimana pengguna dapat melihat objek 3D secara real hanya dengan menggunakan smartphone mereka masing-masing. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melihat secara nyata yaitu dengan menggunakan metode Markerless User Defined Target dimana penggunanya hanya menggunakan marker untuk menampilkan objek 3D. Seiring perkembangan, teknologi virtual reality ini mempunyai sebuat teknologi baru yang bernama augmented reality atau sering disebut juga AR. Kelebihan teknologi AR (Augmented Reality) dibandingkan dengan VR (Virtual Reality) yaitu dalam segi pengembangan teknologi AR (Augmented Reality) ini lebih mudah dari pada virtual reality dan hingga saat ini masih terbatas dalam penggunaannya dan juga mahal. Augmented reality dapat digunakan sebagai media pembelajaran anakanak, memungkinkan anak-anak berinteraksi secara langsung dengan lingkungannya, anak-anak dapat belajar mandiri dengan kemampuan dan niat meka masing-masing. Dapat disimpulkan bahwa media dapat membantu proses pembelajaran untuk bertujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi media pembelajaran dengan menggunakan gambar pada aplikasi pembelajaran berbasis augmented reality untuk dimanfaatkan penerapan teknologinya.

Article Details

How to Cite
Muharam, A. T. . (2022). Pengenalan Hewan Purbakala Dinosaurus Dengan Objek Animasi 3d Berbasis Augmented Reality Dengan Metode Markerless User Defined Target. Jurnal Informatika, 1(2), 104–112. Retrieved from https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/jift/article/view/3026
Section
Articles