Perancangan Game Edukasi Tata Surya Berbasis Augmented Realty Menggunakan Metode MDLC

Main Article Content

Faisal Fathur Iman Dagama

Abstract

Abstrak — Media pembelajaran di sekolah saat ini masih di lakukan secara konvensional, dalam proses pembelajaran umumnya
pengajar menggunakan alat bantu mengajar berupa gambar, model atau alat-alat lainnya yang diharapakan dapat memberikan
pengalaman secara konkrit, motivasi belajar serta mempertinggi daya serap anak. Pada penelitian ini penulis mengambil salah
satu materi pembelajaran yang nantinya akan di ubah ke dalam media pembelajaran yaitu materi tentang Tata Surya. Materi ini
membutuhkan media sebagai penyampaiannya guna merangsang imajinasi siswa mengenai Tata Surya itu sendiri. Media
pembelajaran berbasis Augmented Reality dirasa cocok sebagai alat bantu penyampaian materi pada siswa, lalu para pengajar
pun dapat terbantu karena biasanya para pengajar membawa alat peraga atau media pembelajaran yang lumayan banyak jika
akan menjelaskan seperti apa Tata Surya itu kepada para siswa, nantinya ketika sudah memakai media berbasis Augmented
Reality para pengajar hanya tinggal menginstalkan pada gawai siswa dan pengajar itu sendiri, Tahapan penelitian yang dilakukan
adalah mengindetifikasi masalah, melakukan studi literatur, mengembangkan sistem, menguji aplikasi dan menyusun laporan,
AR adalah sebuah teknologi multimedia yang menggabungkan antara dunia nyata dan objek grafik virtual yang dibuat dengan
komputer dimana objek tersebut akan di generate secara otomatis dan realtime. Aplikasi augmented reality tatasurya di bagun
mengunakan unty sebagai game engine, aplikasi ini akan di bangun mengunakan metode MDLC karena di rasa cocok di terapkan
pada penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Iman Dagama, F. F. (2022). Perancangan Game Edukasi Tata Surya Berbasis Augmented Realty Menggunakan Metode MDLC. Jurnal Informatika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.37150/jift.v1i1.2223
Section
Articles