Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Keterampilan Menulis Mahasiswa Thailand di Program Bipa Universitas Muhammadiyah Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.634Keywords:
menulis, teks deskripsi, ejaan, kata.Abstract
Penelilitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kesalahan berbahasa dalam keterampilan menulis mahasiswa Thailand pada program BIPA. Dalam penelitian ini peneliti menganalisis ejaan dan kata pada teks deskripsi yang ditulis mahasiswa Thailand. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemelajar BIPA dalam keterampilan menulis pada level B1. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan ejaan pada teks dekripsi mahasiswa Thailand di program pembelajaran BIPA pada level B1 dapat dilihat sebagai berikut; kesalahan dalam ejaan berupa kesalahan penggunaan tanda baca, kata depan, dan huruf capital, selanjutnya pada penulisan kata kesalahan ditemukan pada penggunaan kata baku. Berdasarkan hasil penelitian ini kesalahan yang paling banyak ditemukan yaitu kesalahan pada penggunaan tanda baca dan huruf kapital.