NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL RINDU IBU ADALAH RINDUKU KARYA MOTINGGO BUSYE

Authors

  • Jihan Nabila Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hera Wahdah Humaira Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • David Setiadi Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v8i1.1596

Keywords:

Novel, Nilai Pendidikan, Sosiologi Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai nilai pendidikan dalam novel Rindu Ibu adalah Rinduku karya Motinggo Busye. Novel ini menceritakan kerinduan seorang ibu kepada keenam anaknya yang tidak diketahui keberadaannya dan hanya dapat mendo’akan agar anak-anaknya memiliki kehidupan yang baik serta mereka sedang dalam keadaan baik-baik saja. Nilai pendidikan ini dianalisis dari fungsi sosial sastra dengan pendekatan sosiologi sastra. Nilai pendidikan muncul dari lakuan tokoh dalam novel Rindu Ibu adalah Rinduku. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan suatu data. Instrumen penelitian ialah peneliti itu sendiri dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumen yang berupa buku. Hasil penelitian ini fokus terhadap tokoh dan penokohan yang memunculkan karakter serta memberikan nilai pendidikan yang berdasarkan dari fungsi sosial sastra. Dalam nilai pendidikan dapat dijadikan sebagai suatu pembelajaran bagi pembaca.

Author Biographies

Hera Wahdah Humaira, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

David Setiadi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

References

Busye, M. (1979). Rindu Ibu adalah Rinduku. Jakarta: Kartini.

Damono, S. D. (2020). Sosiologi Sastra. Jakarta: Gramedia.

Hidayat, Y. (2021). Kajian Psikologi Sastra dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Karanganyar: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zilfatama.

Nuraeni, R. S., Humaira, H. W., & Firdaus, A. (2020). Konflik Sosial dalam Cerpen Pengunyah Sirih, Menjaga Perut dan Ikan Terbang Kufah melalui Pendekatan Sosiologi Sastra. LITERASI, 4(2), 114-120.

Saputri, A., Thahar, H. E., & Hayati, Y. (2016). Konflik Sosial pada Novel Warisan Karya Chairul Harun. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 52-58.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin. (2018). Kajian Struktural dan Sosiologi Sastra dalam Novel Seputih Hati yang Tercabik. KATA, 2(2), 205-218.

Wulandari, F., Setiadi, D., & Firdaus, A. (2021). Konstruksi Kecantikan Perempuan pada Novel Cantik itu Luka Karya Eka Kurniawan. Bahtera Indonesia, 6(2), 276-291.

Downloads

Published

2022-06-28
Abstract viewed = 68 times