Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Cerita Rakyat

Authors

  • Sulisna Rahayu Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • David Setiadi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hera Wahdah Humaira Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v10i2.3250

Keywords:

Kemampuan Menulis, Cerita Rakyat, Model Pembelajaran Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran menulis cerita rakyat pada siswa kelas X MAN 3 Sukabumi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas X G. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes, lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Berdasarkan hasil observasi awal dan melihat hasil pretest, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis cerita rakyat siswa MAN 3 Sukabumi tidaklah bagus dan masuk pada kategori rendah. Setelah diberikan treatment berupa model pembelajaran Project Based Learning dan melakukan postest dapat terlihat adanya peningkatan nilai pada hasil postest siswa kelas X G. Berdasarkan hasil uji signifikasi, kemampuan siswa dalam menulis cerita rakyat mengalami peningkatan. Dapat dilihat perbedaan antara nilai pretest dan nilai posttest. Nilai rata-rata pada posttest 81.25 sedangkan nilai pretest 58,75. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t diketahui thitung  11,19 > ttabel 1,703. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa H0 ditolak karena thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning bepengaruh digunakan dalam pembelajaran menulis cerita rakyat siswa kelas X MAN 3.

Author Biographies

David Setiadi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruuan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Hera Wahdah Humaira, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

References

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Dhewy, R. C. (2022). Pelatihan Analisis Data Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. J-ABDI. Jurnal Pengambidan Kepada Masyarakat, 2 (3), 4575-4578.

Hastjarjo. (2019). Rancangan Eksperimen-kuasi. Buletin psikologi, 20(2), 187-203.

Prayoigi. (2022). TELAAH KONSEPTUAL PENEDEKATAN KUANTITATIF DALAM SEJARAH. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 8(1).

Salsa, O., & Amalia, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Bsed Lerning Terhadap Kamampuan Menyiak Teks Berita Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 4, 240.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bndung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Konsepsi, 9, 72.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran : Teori dan praktek. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.

Wena, M. (2017). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Oprasional. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-30
Abstract viewed = 15 times

Most read articles by the same author(s)