Pengaruh Penggunaan Media Audio Siniar Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Inspiratif Siswa Kelas IX SMPN 13 Kota Sukabumi Tahun Ajar 2021/2022

Authors

  • Nenden Nenden Wadiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Tanti Agustiani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Fauziah Suparman Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v8i1.1599

Keywords:

Audio Siniar, Kemampuan Menyimak

Abstract

Media audio siniar bisa dijadikan sebuah media pembelajaran untuk membantu meningkatkan kemampuan menyimak siswa dalam memahami sebuah materi pembelajaran juga untuk menarik minat siswa dalam kegiatan menyimak. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh penggunaan media audio siniar terhadap kemampuan menyimak cerita inspiratif pada siswa kelas IX C di SMPN 13 Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Selanjutnya jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu jenis eksperimen. Metode penelitian eksperimen digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan dengan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design yang mana nanti siswa akan diberikan sebuah tes pretest-posttest. Penggunaan media audio siniar untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa dapat dilihat dengan memberikan tes pretes-posttest. Pretest tes yang diberikan kepada siswa kelas IX C sebelum menggunakan media audio siniar sedangkan posttest adalah tes yang diberikan kepada siswa IX C setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media audio siniar. Sehingga setelah tes pretest-posttest didapatkan sebuah nilai rata-rata dari tes pretest yaitu 61.14 sedangkan untuk nilai posttest mendapat nilai rata-rata 88.43. Selanjutnya dilakukan uji N-gain untuk melihat selisih atau peningkatan nilai dari tes pretest-posttest dan hasil dari nilai N-gain yaitu 0.7181 dengan kriteria tinggi. Sedangkan untuk nilai probabilitis mendapatkan hasil 0.00 < 0.05 sehingga nilai H0 ditolak. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio siniar berpengaruh terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IX C SMPN 13 Sukabumi dengan selisih peningkatan nilai N-gain 0.7181 dan nhasil nilai probabilitis 0.00<0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. 

 

Author Biographies

Tanti Agustiani, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Fauziah Suparman, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

References

Ainurrofiqin, Moh.(2021).99 Strategi Branding di Era 4.0: Kupas Tuntas Metode Jitu Membangun Citra Baik, Meyakinkan Pelanggan, dan Membangun Kesadaran Merek.Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Christin, Maylanny, dkk.(2021).Transmedia Storytelling.Bande Aceh: Syiah Kuala University Press. Gereda, Agustinus.(2020).Keterampilan Berbahasa Indonesia Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar.Tasikmalaya: Edu Publisher

Hamid, Mustofa Abi, dkk.(2020).Media Pembelajaran.Medan: Yayasan Kita Menulis. Hasan, Muhammad, dkk.(2021.Pengembangan Media Pembelajaran.Klaten: Tahta Media Grup. Kosasih, E dan Hari Wibowo.(2020).Materi Utama Bahasa Indonesia Berbasis Teks & Pembahasan dan Latihan Soal-soal Hots untuk SMP kelas VII, VIII, IX.Bandung: UPI Press

Kusuma, Emy Rizta.(2021).Media Podcast Dongeng Nusantara Sebagai Alternatif Membangun Budaya Literasi Anak di Era Kelimpahan.Malang: Unisma Press Laila, Askarman (2020).Menyimak Efektif.Banyumas: Lutfi Gilang.

Laila, Dahratul.(2020).”Inovasi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Podcast”.Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020. Liswantiani, Ester dan Gregorius Ari Nugrahanta.(2021).Mengoptimalkan Karakter Kontrol Diri Anak dengan Sarana Permainan Tradisional.Yogyakarta: PT Kanisius Purnamawati, Dian, dkk.(2017).”Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 06 (2), 209-219.

Rachmat, Erwan.(2019).Explore Bahasa Indonesia Jilid 3 untuk SMP/MTs Kelas IX.Bandung: Penerbit Duta. Sumiharsono, Rudi dan Hisbiyatul Hasanah.(2017).Media Pembelajaran.Jember: Pustaka Abadi.

Sugiyono.(2017).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: CV Alfabet

Downloads

Published

2022-06-28
Abstract viewed = 51 times