Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi

Authors

  • Tiar Maylinda Nur Afifah PGSD Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Oktian Fajar Nugroho PGSD Universitas Esa Unggul Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37150/perseda.v4i3.1468

Keywords:

motivasi orang tua, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Manfaat dari penelitian ini yaitu diharapkan memberikan perhatian lebih dalam membimbing dengan memberikan motivasi pada anak. Penelitian ini dilakukan di SDN Pasarkemis 2, kelas III B tahun ajaran 2020-2021. Metode dari Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B yang berjumlah 38. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil hipotesis dengan uji t Berdasarkan dari hasil data di atas dapat diketahui bahwa variabel motivasi memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < dari tingkat signifikan 0.05, dengan nilai koefisien beta sebesar 0,788 memiliki arah pengaruh positif. Berdasarkan data tersebut, berarti variabel motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel hasil belajar.

Downloads

Published

2022-01-11

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 446 times