Peran Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar Matematika Dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Mahmudah Titi Muanifah PGSD FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nelly Rhosyida PGSD FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Trisniawati Trisniawati PGSD FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.37150/perseda.v4i3.1467

Keywords:

belajar matematika, peran orangtua

Abstract

Pandemi covid-19 telah mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut dengan kegiatan belajar dari rumah/pembelajaran online. Hal ini tentu saja mengubah peran pendidik yang jika di sekolah dilakukan oleh guru dengan adanya kegiatan belajar dari rumah  tergantikan oleh orangtua. Matematika bukanlah pelajaran yang mudah untuk dipelajari anak bahkan ketika pembelajaran tatap muka. Oleh sebab itu diperlukan peran orangtua di rumah untuk membatu anak memahami materi matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran orangtua dalam mendampingi anak belajar matematika di rumah selama masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada 48 orangtua siswa kelas 5 dan 6 SD Negeri Sendangsari melalui google form. Berdasarkan data angket diperoleh hasil bahwa orangtua sudah cukup baik dalam mendampingi anak belajar matematika dari rumah. Hal tersebut terlihat dari persentase orangtua yang menyediakan fasilitas belajar matematika untuk anak mencapai 61,9%, pendampingan orangtua ketika anak belajar matematika 48,7% dan orangtua yang menemui kendala ketika menggunakan aplikasi belajar matematika secara online ada 8,33%.

Downloads

Published

2022-01-07

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 991 times