Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Raudatul Athfal di Kota Sukabumi

Authors

  • Yanah Srimulyana pgpaud
  • Indra Zultiar Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.881

Keywords:

kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guru

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berjuan untuk mengetahui : (1) kepemimpinan kepala sekolah Raudatul Athfal di kota Sukabumi; (2) kinerja guru Raudatul Athfal di kota sukabumi; dan (3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru raudatul athfal di kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan kuantitatif  deskriptif yaitu dengan cara mencari informasi tentang gejala yang ada, didefinisikan dengan jelas tujuan yang akan dicapai, merencanakan cara pendekataannya, mengumpulkan data sebagai bahan untuk membuat laporan, Populasi dalam penelitian ini adalah para guru Raudatul Athfal di kota Sukabumi, yang berjumlah 276 guru kemudian diambil sampel sebanyak 35 guru yang dipilih dengan teknik purposive sampling, Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert yang memiliki  4 alternatif jawaban, terdiri atas 45 butir. Intrumen penelitian diujicobakan kepada 35 guru. Uji Validitas instrument yang digunakan adalah validitas isi dengan tehnik expert judgment, sedangkan untuk realibilitas instrumren mengunakan rumus Alpha Cronbach Analis data mengunakan teknik analisis regresi sederhana.Hasil penelitian menujukan bahwa Sebagian besar Kepemimpinan kepala Sekolah di kota Sukabumi memberikan kontribusi dalam meningkatkan Kinerja guru Raudhatul Athafal sebesar 45,1 % dan sisanya 56 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti oleh peneliti.

Kata Kunci : kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guru

References

Banani, M. T. (1907). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran. JUurnal Pendidikan Universitas Garut, 67–76. Retrieved from journal.uniga.ac.id

E. Mulyasa. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Herawan, E., Pendidikan, D. M., Ilmu, F., Universitas, P., & Indonesia, P. (2015). Kepemimpinan mutu kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidika, 51–59. Retrieved from ejounal,upi,id

kompri. (2017). manajemen pendidikan (Andien). Manguwoharjo.

Ma’arif, S. (2011). GURU PROPESIONAL Harapan dan kenyataan (Ismail; Ismail, ed.). Semarang: Walisongo Press.

Rachmawati, Y. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Edisi Khas, 2(2), 229–245. https://doi.org/10.1016/J.CORSCI.2015.11.028

Rohman, F. A., & Muna, N. (2019). Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 269–288. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-04

Sondang P Siagian. (2015). Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya.

Sudharta, V. A. (2018). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif PsikoloGI. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(3), 208–217. Retrieved from journal2.um.ac.id

Sugiono. (2015). Metode penelitia kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: ALPABETA CV.

Sukamto, N. P. & T. (2013). Pengembangan Profesi Guru (Nita Nur M). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, H. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru The Factors Of Affecting The Performance Of The Teachers ’ Of State Vocational High School. Jurnal PendidIkan, 2(2), 197–212. Retrieved from https://journal.uny.ac.id

Umiarso, A. waha. &. (2017). Kepemimpinan Pendidikan Dan Kecerdasan SpirituaL (11th ed.). Semarang: AR-Ruzz Media.

Wahyudin, N. N. (2015). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 66–86. Retrieved from jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id

Downloads

Published

2020-12-29
Abstract viewed = 232 times