Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melukis dengan Jari

Authors

  • Deti Kurnia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Indra Zultiar universitas muhammadiyah sukabumi
  • Elnawati Elnawati universitas muhammadiyah sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v10i1.2314

Keywords:

melukis dengan jari, kemampuan motorik halus, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran serta hasil pembelajaran dalam meningkatakan kemampuan motorik halus anak melalui melukis dengan jari di SPS Melati V11 Kalapa Satangkal Kecamatan Ciracap. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat. Partisipan dalam penelitan ini yaitu siswa PAUD Kelas B Melati VII Kalapa Satangkal circap sukabumi tahun pelajaran 2023/2024 berjumlah 19 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Subjek penelitian ini dilaksanakan berdasarkan penemuan permasalahan yang ada, adapun permasalahan pada penelitian ini yaitu mengenai perkembangan motorik halus, Alat pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Melihat dari hasil eksplorasi dan percakapan yang telah dilakukan, maka cenderung diduga bahwa latihan finger painting dapat menghasilkan gerakan yang terkoordinasi dengan baik pada anak dan juga dari hasil analisis data kuantitatif menunjukan bahwa dari pertemuan utama pada siklus I ke pertemuan selanjutnya dan pada siklus II umumnya terjadi peningkatan, dengan skor tertinggi 34 (77%) pada siswa kelompok B SPS Melati VII Kalapa Satangkal.

References

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik (XIII).

Rineka Cipta.

Herlina. (2013). Perkembangan Masa Remaja (Usia 11/12 – 18 tahun). Graha

Ilmu.Pendidikan, N. M. (2014). Permendiknas No 137. Kemendikbud.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Alfabeta

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225.

Sujiono, B. (2018). Hakekat Perkembangan Motorik Halus Anak. Universitas Terbuka.

Sumantri. (2018). Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.Dinas Pendidikan.

Witarsono. (2019). Seni dan Kreativitas Anak. Erlangga.

Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, J. (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-06-30
Abstract viewed = 86 times