Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTSS Asshohibiyah

Authors

  • Asep Sugiandi Universitas Muhammadiyah sukabumi
  • Aritsya Imswatama universitas muhammadiyah sukabumi
  • ana setiani universitas muhammadiyah sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v8i2.1661

Keywords:

Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada materi bangu ruang sisi datar mengalami peningkatan atau tidak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one-grup Pretest-Posttest design dengan populasi penelitian yang digunakan adalah siswa dan siswi kelas VIII di MTsS Asshohibiyah. Sampel penelitian yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrument test dan non test yang berbentuk soal uraian dan dokumentasi. Berdasalkan hasil nilai pretest dan posttest yang dihitung menggunakan N-gain dengan hasil kriteria tinggi maka terdapat peningkatan kemamapuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada materi bangu ruang sisi datar.

References

Alawiyah, T. (2014). “Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika”. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung. (1). 180-187.

Arikunto, Suharismi. (2015). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyandika, N.(2016). “Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 22 Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901).

Budiyono. (2009). Stastistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Arvina, N.N dan Siswono, T.Y. (2014). “Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Kubus dan Balok”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. (3). 150-157.

Basuki dan Hariyanto (2014). Trends in International Mathematic and Science Study (TIMSS) dan Programme for International Student Assessment (PISA).180-181

Diana. (2014). “ Penerapan Model Membelajaran Langsung Menggunakan Garis Bilangan untuk meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 3 Banawa”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. (2). 13-22.

Hidayat, w.(2014). “Penerapan Pembelajaran MEAS Terhadap Peningkatan Daya Matematika Siswa SMA”. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung. (1). 57-65.

Juliansyah, N(2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenamedia Group.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika Bandung: Refika Aditama.

Muhadzib, A (2018) dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah Matematis Pada Siswa Kelas VII H Negeri 99 Jakarta.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Ningsih, Y. (2015). “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 LUBUKLINGGAU Tahun Pelajaran 2015/2016”. Prosiding Seminar dan Lomba Media Pembelajaran. 420-422.

Riantika, E. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”.

Rosdiani, D. (2012). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostiana. (2010). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: Adi Mahasatya.

Suprijono. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya

Suyitno, A. (2005). Mengadopsi Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan .Keterampilan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Seminar Nasional F.MIPA UNNES.

Ulvah, S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142-153.

Widiastuti, B. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran kooperative Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Kristen Wonosobo”.

Widyatini, T. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Langsung dalam Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Downloads

Published

2022-12-20
Abstract viewed = 177 times