Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran IPA di Sukabumi

Authors

  • Ruliah Ami Faridi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Novi Andri Nurcahyono Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aritsya Imswatama Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v8i2.1645

Keywords:

Lembar Kerja Siswa (LKS), ADDIE, POE, Kemampuan Pemahaman Konsep matematis

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis POE (Predict, Observe, Explain) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMP dengan kategori valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitan dilakukan kepada 30 siswa kelas VII MTs. Darussa’adah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi oleh ahli materi dan evaluasi pembelarajan untuk mengetahui validitas LKS berbasis POE, angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan LKS berbasis POE serta lembar pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan LKS berbasis POE. Hasil penelitian diperoleh (1) Validasi oleh ahli materi dan evaluasi pembelajaran menyatakan LKS berbasis POE termasuk dalam kategori Sangat Valid dan layak diuji coba. (2) Berdasarkan hasil analisis N-Gain mendapatkan persentase 71,327 % dan analisis ketuntasan belajar klasikal sebesar 80 % menunjukan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis siswa. (3) Berdasarkan angket respon siswa dihasilkan respon bahwa LKS berbasis POE masuk dalam kategori Praktis

References

Achamdi. (1996). Lembar Kerja Siswa. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dewi, E. P., Suyatma, A., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 105.

Dhari, HM dan Haryono, AP. (1988). Perangkat Pembelajaran. Malang: Depdikbud

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eko Putro Widyoko. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Enistoneisya, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Komik Strip Dengan Metode Guided Discovery Learning Untuk Materi Perbandingan Trigonometri. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 61-71.

Herlin, NH. (2012). Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) pada

Hudoyo. (1988). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional

Indriana, Vida, dkk. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA-1. E-Journal Daya Matematis, Volume 3 Nomor 1 maret 2015

Karso, dkk. (2008). Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka

Kilpatrick, J., Swafford, J., dan Findell, B. (2013). Adding It Up : Helping Children learn. Mathematics. USA: National Academy Press.

Kilpatrick, Swafford, dan Findell. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press

Lukman, H. S. (2017). Statistika Terapan Dasar. Sukabumi: CV. Nurani.

Materi Himpunan untuk Kelas VII SMP. Skripsi. FMIPA UNY.

Moch, Choirul R. (2018). Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi PLDV (Persamaan Linier Dua Variabel) Di Kelas VIII MTs. Salafiyah Pungging. Skripsi. FMIPA UIN Sunan Ampel Surabaya.

Muhammad, Taqiyuddin. (2014). Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Topik Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Skripsi Sarjana pada Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak Diterbitkan.

Mullis, et al. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. International Association for the Evaluation of Education. Achievement.

Nanang Budi Nugroho. (2014). Pengembangan RPP dan LKS Berbasis Problem Based Learning pada Materoi Himpunan untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi. FMIPA UNY.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA.

Novitasari. (2010). Pengaruh Strategi Predict Observe Explain (POE) Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Konsep Ekosistem. [Online] Terdapat pada http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=767. Bandung.

Paul Suparno.(2007). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Restami, Suma, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA-(3), hlm.1-11

Riyanto, Yatim. (2012). Paradigma baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Rohman. (2013). Menyusun Media Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Siregar, E dan Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Subaryana. (2005). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: IKIP PGRI Wates.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana. (2015). Statiska Penelitian Pendidikan. Bnadung: Alfabeta

Suparno, Paul. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Pustaka Book

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Surabaya: Cerdas Pustaka

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group)

Zulaiha. (2006). Definisi Pemahaman Konsep. [Online] Terdapat pada http://ahli-definisi.blogspot.com/2011/03/definisi-pemahaman-konsep.html Diunduh tanggal 25 Oktober 2020 Pukul 10:00

Downloads

Published

2022-12-20
Abstract viewed = 168 times