Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Siswa melalui Kemandirian Belajar

Authors

  • Agnia Haq Hidayati Andri Setriyadi Pendidikan matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • ana setiani universitas muhammadiyah sukabumi
  • Pujia Siti Balkist universitas muhammadiyah sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v7i2.1277

Abstract

ABSTRAK.  Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan   kesulitan   siswa   dalam   memahami   konsep   matematis  ditinjau   dari metakognisi  siswa melalui kemandirian belajar serta untuk mengetahui faktor-faktor dan solusi untuk kesulitan dalam memahami konsep matematis ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa melalui kemandirian belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 6 siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Nagrak dan teknik pengabilan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, angket, tes dan wawancara.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas VIII MTs. Nurul Huda Nagrak dari ketiga kategori metakognisi melalui kemandirian belajar, siswa masih belum memenuhi langkah pengerjaan soal pemahaman konsep matematis sesuai indikator yang digunakan dalam penelitian ini dikarenakan banyak faktor seperti kurangnya motivasi dan inisiatif siswa dalam belajar matematika, kurang mengerti dan paham maksud dari soal tersebut dan faktor dari keluarga sehingga siswa malas belajar matematika.

 

Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematis, Metakognisi, Kemandirian Belajar

 

Additional Files

Published

2021-12-28
Abstract viewed = 1074 times