Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Media Ikan Darat Pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37150/perseda.v1i1.189Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui media ikan darat pada siswa kelas tinggi sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart, penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif yang menciptakan kolaborasi antara peneliti dan guru kelas, penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Partisipan penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas IV yang berjumlah 26 siswa dan guru kelas IV sebagai observer. Teknik pengumpulan dan analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan keterampilan membaca pemahaman memperoleh ketuntasan 54% hal ini berarti meningkat sebesar 46,4% dari hasil pretest dengan ketuntasan 7,6%. Pada siklus II menunjukan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian penelitian ini menunjukan bahwa melalui media ikan darat dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas tinggi sekolah dasar.