Analisis Peran Guru Sebagai Pengelola Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp Group di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37150/perseda.v4i2.1237Keywords:
Peran guru; Pembelajaran daring; WhatsApp group; Pandemi Covid-19.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pengelolaan pembelajaran daring berbasis WhatsApp group di Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan SDN
Nanggerang kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kuantitatif Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru kelas tinggi dari SDN Nanggerang kota sukabumi yang dimana sekolah tersebut telah menjalankan pembelajaran online. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 1 minggu yaitu tanggal 02 Mei sampai 08 Mei 2020. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara yang dilakukan secara online, yaitu melalui aplikasi WhatsApp group, Penelitian ini dimulai dengan cara melihat bagaimana cara guru melakukan awal mula pembelajaran yaitu secara pendahuluan, inti dan juga penutup. Berdasarkan hasil dari penelitian mengenai bagaimana peran guru dalam mengelola pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam proses pembelajaran menggunakan daring sangat berpengaruh terhadap peserta didik, sehingga proses yang pada sat ini menggunakan pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi WhatsApp group sangat baik dilakukan oleh guru.