Analisis Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap Pemebelajaran Matematika di Kabupaten Sukabumi

Authors

  • Nina sri wahyuni Ibrahim Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.819

Abstract

Pembelajaran matematika tidak hanya tentang rumus maupun teori melainkan dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya melalui kerajinan anyaman bambu. Kerajinan anyaman bambu ini diantaranya nyiru, aseupan, hihid dan boboko yang bertujuan untuk mengetahui manfaatnya untuk pembelajaran matematika. Metode yang digunaan penulis dalam penulisan artikel ini adalah studi pustaka melalui internet dan peralatan rumah tangga dari anyaman bambu yang terdapat di rumah, dari peristiwakerajinan anyaman bambu tersebut terdapat beberapa konsep matematis yang diberikan salah satunya pembelajaran bangun datar dan bangun ruang, konsep tersebut dapat dikaitan terhadap pembelajaran matematika salah satu dalam pengkajian soal cerita guna memperkenalkan etnomatematika.

Downloads

Published

2021-01-28
Abstract viewed = 6435 times