https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/issue/feed JURNAL PEKA 2018-09-10T07:08:43+00:00 Aritsya Imswatama iaritsya@gmail.com Open Journal Systems <h3>JURNAL PEKA berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Artikel yang dimuat berupa kajian ilmiah atau hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika dengan lingkup:<br> &nbsp;</h3> <h3><strong>1.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Desain didaktis pembelajaran matematika</strong></h3> <ol start="2"> <li class="show">Media pembelajaran matematika</li> <li class="show">Kurikulum pendidikan matematika</li> <li class="show">Teori belajar matematika</li> <li class="show">Penelitian tindakan kelas</li> </ol> <p>Jurnal “PEKA” diterbitkan dua kali dalam setahun yakni periode Juli dan Januari.</p> https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/186 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIMODIFIKASI NUMBERED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KOMSEP MATEMATIS SISWA 2018-09-10T07:07:50+00:00 Dini Nuraeni dnanuraini3@gmail.com <p>Abstract</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) Dimodifikasi <em>Numbered</em> dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan siswa yang menggunakan model pembelajaran Langsung. Serta untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih baik dari ketiga model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (<em>quasi experimen</em>) bentuk <em>the nonequivalent posttest control group design</em>.&nbsp; Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ciemas Kabupaten Sukabumi tahun ajaran 2017/2018.&nbsp; Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan tek non tes. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes menggunakan data postes. Sedangkan, pengumpulan data melalui teknik non tes ditempuh melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu intrumen tes dan intrumen non tes, instrument non tes yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dimodifikasi <em>numbered</em>, siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL, dan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung; 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dimodifikasi <em>numbered</em> lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL; 3) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dimodifikasi <em>numbered</em> lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung; 4) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.</p> 2018-01-09T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/187 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTU SISTEM REWARD CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA 2018-09-10T07:08:03+00:00 Tiara Irawati tiarairawati@gmail.com <p>Abstrak</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran <em>Teams Games Tournaments (</em>TGT) berbantu sistem<em> reward card</em> dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran <em>Teams Games Tournaments </em>(TGT) dan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi-eksperimen dengan desain <em>the nonequivalent pretest-posstest control group design</em>.Instrumen yang digunakan yaitu soal pemahaman konsep, lemabar observasi, dan lembar validasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran <em>Teams Games Tournaments</em> (TGT) berbantu sistem <em>reward card</em> lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran <em>Teams Games Tournaments</em> (TGT), (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran <em>Teams Games Tournaments</em> (TGT) berbantu sistem <em>reward card</em> lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung , (3) tidak terdapat perbedaan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran <em>Teams Games Tournaments </em>(TGT) dengan model pembelajaran langsung.</p> 2018-09-10T06:57:29+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/181 EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA 2018-09-10T07:08:12+00:00 Intan Triasuci Apriliani thriaariyansyah@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh perlakuan model pembelajaran <em>Student Teams Achievement Divisions</em>, model pembelajaran <em>Think Pair and Share</em> , dan model pembelajaran Langsung, serta untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih baik dari ketiga model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian <em>The nonequivalent posttest</em><em> only</em><em> control group design</em>.&nbsp; Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Sukabumi tahun ajaran 2016/2017.&nbsp; Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan wawancara, instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran STAD lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran TPS; 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran STAD lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung.</p> 2018-09-10T07:00:42+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/182 PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TAI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA 2018-09-10T07:08:23+00:00 Maya Lestari mayalestari209@gmail.com <p>ABSTRAK</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran <em>NHT</em> dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran <em>TAI</em> dan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi-eskperimental dengan desain <em>posttest control group design</em>. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 16 Kota Sukabumi. Sampel penelitian ini ada 3 kelas. Instrumen yang digunakan yaitu soal pemahaman konsep dan lembar observasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT, model pembelajaran TAI, serta model pembelajaran langsung, (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran TAI, (3) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung, (4) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan modep pembelajaran TAI&nbsp; tidak lebih baik dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung.</p> 2018-09-10T07:03:39+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/183 EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR 2018-09-10T07:08:34+00:00 Ulfah Nur Arifin Ulfahnuaraifin@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari model pembelajaran langsung yang ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 6 SMA Negeri 4 Kota Sukabumi yang berjumlah 78 siswa. Pembelajaran inkuiri yang dilakukan terdiri dari penyajian masalah, pengumpulan data verifikasi, pengumpulan data eksperimen, organisasi data dan formulasi kesimpulan, dan analisis inkuiri. Kecenderungan siswa menghafal rumus dan pembelajaran yang kurang melibatkan siswa menjadi salah satu penyebab masih rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran inkuiri melatih siswa untuk menemukan sendiri konsep matematika dan melibatkan partisipasi siswa secara optimal. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian semu <em>(quasi eksperimental research).</em> Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi tidak berpengaruh kepada pemahaman konsep siswa dan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pada model pembelajaran langsung.</p> 2018-09-10T07:06:17+00:00 ##submission.copyrightStatement##