Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Authors

  • Siti Syifa Sedaryati Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v4i1.802

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa agar kedepannya siswa mampu menyelesaikan persoalan lain yang serupa dengan menerapkan konsep tersebut. Salah satu pembelajaran yang dianggap efektif digunakan untuk memperoleh kemampuan pemahaman matematis siswa adalah pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan pemahaman matematis siswa melalui penerapan bahan ajar berbasis RME. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan atau riset kepustakaan. Dalam RME matematika dihubungkan dengan ralitas dan sebagai aktivitas manusia, matematika yang dianggap abstrak dapat lebih mudah dipahami secara konkrit oleh siswa. Sehingga didapatkan hasil bahwa penggunaan bahan ajar berbasis RME berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.

Downloads

Published

— Updated on 2020-01-28
Abstract viewed = 974 times