Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v4i1.802Abstract
Kemampuan pemahaman matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa agar kedepannya siswa mampu menyelesaikan persoalan lain yang serupa dengan menerapkan konsep tersebut. Salah satu pembelajaran yang dianggap efektif digunakan untuk memperoleh kemampuan pemahaman matematis siswa adalah pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan pemahaman matematis siswa melalui penerapan bahan ajar berbasis RME. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan atau riset kepustakaan. Dalam RME matematika dihubungkan dengan ralitas dan sebagai aktivitas manusia, matematika yang dianggap abstrak dapat lebih mudah dipahami secara konkrit oleh siswa. Sehingga didapatkan hasil bahwa penggunaan bahan ajar berbasis RME berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.