ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN’S
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v8i1.2760Keywords:
Analisis kesalahan, siswa, prosedur newmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah cerita pada materi SPLDV berdasarkan prosedur Newman. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui tes tertulis berupa soal cerita berdasarkan materi SPLDV, dan dilanjutkan dengan wawancara. Hasil temuan menunjukkan bahwa persentase siswa melakukan berbagai jenis kesalahan, mulai dari kesalahan membaca soal, kesalahan mentransformasikan soal, kesalahan keterampilan proses, hingga kesalahan penulisan jawaban akhir. Kesalahan terbesar sebesar 78,21% terjadi pada tahap kesalahan penulisan jawaban akhir dan kesalahan terkecil sebesar 26,92% terjadi pada tahap kesalahan membaca. Kesalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesulitan dalam memahami maksud soal, kurang teliti dalam membaca soal, terburu-buru dalam mengerjakan soal, kebiasaan tidak menuliskan informasi dari soal yang diberikan, kurang memahami konsep soal. SPLDV, kesulitan menerapkan konsep materi yang telah dipelajari, waktu mengajar terbatas, siswa tidak mengikuti prosedur yang benar, dan tidak menulis jawaban akhir secara sistematis. Temuan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mendalam bagi para pendidik dan guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan pemahaman siswa.
References
Listiana, A. D., & Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Bagi Siswa Kelas VII SMP Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 60–65.
Program, J., & Pendidikan, S. (2020). Pendidikan Matematika , Universitas Muhammadiyah Surakarta , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Dalam dunia kependidikan diperlukan usaha untuk mengadakan dan meningkatkan penguasaan pengetahuan . Penguasaan pengetahuan dalam pendidikan diharapkan dapat mengik. 9(3), 713–726.
Putri, N. R. (2022). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Masalah Kontekstual dalam Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel berdasarkan Teori Nolting. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Jurusan Tadris Matematika. IAIN Batusangkar. Batusangkar., 2(1), 1–4.
Tanzimah, & Sutrianti, D. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Peluang Berdasarkan Prosedur Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 191–200.
Upu, H., Dassa, A., & R., N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Issues in Mathematics Education (IMED), 6(1), 83. https://doi.org/10.35580/imed32233
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.