KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK MELALUI PEMBELAJARAN E-LEARNIG BERBANTUAN WHATSAPP
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1557Keywords:
Mathematical critical thinking, Self-Reliance learning, WhatsAppAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pendidikan dan proses pembelajaran terutama di masa pandemi covid-19 yang mengharuskan siswa belajar dari rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran berbasis e-learning berbantuan WhatsApp. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Pasundan 1 Cianjur sebanyak 10 orang siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes dan non tes (kuesioner angket). Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa termasuk kedalam kategori sedang, bahwa peserta didik yang memiliki kemampuan sedang belum terlalu mampu mengerjakan soal tes berpikir kritis matematis dengan baik. Selain itu, kemampuan kemandirian belajar siswa juga termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Dimana sebagian siswa siap dan semangat mengikuti pemebelajaran melalui e-learning berbantuan WhatsApp
References
Abdullah, In Hi. 2013. Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Delta-Pi Jurusan MIPA FKIP Universitas. Khairun. Vol: 2, No: 1 April 2013. ISSN 2089-855X
Ardiansyah, Ivan. (2013). Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Daniati, N & dkk. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Padang Tentang Materi Pencemaran Lingkungan. Atrum Pendidikan Biologi.
Daheri, dkk. (2020). Efektivitas WhatsApp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basiced, Vol. 4(4).775-783.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. Diakses dari :
https://www.kopertis7.go.id/uploadperaturan/1.%20UU%2020%202003%20Sistem%20pendidikan%20nasional.pd
Fahrurozi. (2015). Pengaruh Pembelajaran Open Ended Berbasis Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa. Beta Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8 No.1 Mei 2015. Hal.16-32.
Feni, M, S. (2014). “Pengaruh Motivasi dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi.Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung.
Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis : Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hergenhahn, B.R., Olson, M.H. (2008). Theories of learning (Terjemahan Tri Wibowo). Jakarta: Kencana Prenada Media. (Buku asli diterbitkan tahun 2008).
Husnidar, dkk. (Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika. ISSN : 2355-4185.
Jumiatmoko. (2016). WhatsApp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab.Wahana Akademika. Vol 3 (1). 52-66 Diakses dari : https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/872
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 5 No. 1, P-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-8391. Serang: Universitas Bina Bangsa.
Mayang, Gadih. R., & Dkk. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (Self Regulated Learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 No. 1, Januari - April 2017.
Ricu Sidiq. (2019). Pemanfaatan Whatsapp Group dalam Pengimplementasian Nilai-Nilai Karakter Pancasila Pada Era Disrupsi. Jurnal Putri Hijau. Vol. 4 No.2. Hal.145–154. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Medan.
Sapriya. (2011). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.