PENGUATAN KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BATIK BANTEN

Authors

  • Surtini Surtini Universitas Bina Bangsa
  • Sarah Yulia Safitri Universitas Bina Bangsa
  • Riana Martiyani Universitas Bina Bangsa
  • Roheni Kusmiati Palah Universitas Bina Bangsa
  • Jaka Wijaya Kusuma Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1456

Keywords:

etnomatematik, geometri, karakter budaya.

Abstract

Etnomatematika yaitu suatu  kebudayaan yang berhubungan dengan matematika. Dengan kata lain Etnomatematika mengkaji budaya yang sudah ada dengan konsep matematis. Indonesia merupakan negara multikulural yang dikenal dengan ragam budaya, semestinya melestarikannya agar tidak hilang digerus zaman, salah satunya dengan cara melakukan pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan budaya sebagai media pembelajaran disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Batik Banten yang dikaitkan dengan penanaman karakter siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif untuk menggambarkan niali matematis dan karakter yang terdapat pada Batik Banten. Dari hasil penelitian didapatkan konsep matematis yaitu berupa bangun datar, refleksi, dan translasi pada geometri. Dari pembelajaran tersebut dapat membentuk karakter siswa sesuai dengan kepribadian bangsa.

References

Fitria,1lilik1irma.12021.1pengembangan1lembar1kerja1peserta1didik Berbantuan Mika Berbasis Etnomatematika Motif1batik Madura Pada Materi Transformasi Geometri. Skripsi. Universitas Islam Negri Sunan Ampel. Surabaya.

Mahuda, Isnaini. 2020. Eksplorasi1etnomatematika 1pada1motif1batik1lebak Dilihat Dari Sisi Nilai1filosofi Dan Konsep1matematis. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika Vol. 1 No. 1 Hal 29-38.

Nirmalasari, Dkk. 2021. Studi Etnomatematik : Eksplorasi Konsep-Konsep Teorema Phythagoras Pada Budaya Banten. Jurnal Teorema (Teori Dan Riset Matematika) Hal 161-172.

Rachmadyanti, Putri. 2017. Penguatan1Pendidikan Karakter1Bagi Siswa1Sekolah Dasar Melalui1Kearifan1Lokal. JPSD Vol. 3 No. 2 Hal 201-214.

Safira, F., Prabawati, A. T., Fatimah, F., Safiri, A. D., & Kusuma, J. W. (2021). Etnomatematika: Nilai Filosofis Dan Konsep Matematika Pada Motif Batik Banten. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 162-168.

Shofiyati, Noor. 2020. Geometri1Berbasis Etnomatematika Sebagai1Inovasi Pembelajaran1Di Madrasah1Tsanawiyah Untuk1Membentuk Karakter1Islami. Jurnal1Guru Inovatif1Vol. 1 No. 1 Hlm 43-56.

Subkhi, Dkk. 2021. Etnomatematika : Tinjauan1Aspek Geometris1Batik Lebak1Provinsi Banten.1JNPM ( Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 5 No. 1 Hal 81-93.

Supriatna, Apit; Nurcahyono, N. A. 2017. “Etnomatematika : Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tahapan- Tahapan Kegiatan Bercocok Tanam.” Seminar Nasional Pendidikan 26–32.

Wahyuni, Dkk. 2013. Peran1Etnomatematika Dalam1Membangun Karakter1Bangsa. Makalah1Dipresentasikan Dalam1Seminar Nasional1Matematika Dan1pendidikan Matematika1Dengan Tema1“ Penguatan1Peran Matematika1dan1Pendidikan Matematika1untuk Indonesia1yang Lebih1Baik” Pada1tanggal 91November12013. Yogyakarta: Jurusan1Pendidikan Matematika FMIPA1UNY.

Zaenuri, M. S., Muhtadi, D., Hidayah, N., Utami, R., Dianita, N. K., Istihapsari, V., & Kusuma, J. W. Etnomatematika Nusantara. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Zahroh, H. R., Purnama, K. A., Asalauqi, M. F., Faridayanti, I., & Kusuma, J. W. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Ditinjau Dari Nilai Matematika Pada Motif Batik Banten. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 154-161.

Downloads

Published

2022-02-01
Abstract viewed = 354 times