Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v3i1.1131Keywords:
Studi Kepustakaan, Pemecahan masalah matematis, Relistics Mathematics EducationAbstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan fundamental dalam pembelajaran matematika dan merupakan salah satu tujuan utama dari pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan bahan ajar matematika berbasis RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar matematika berbasis RME berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, hal ini disebabkan karena dalam bahan ajar tersebut dapat (1) Bahan ajar tersebut memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan mereka, (2) Siswa diberikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (3) Siswa termotivasi karena menggunakan permasalahan yang ada di lingkungan mereka. (4) Siswa dapat kreatif juga turut aktif dalam proses pembelajaran
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.