Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan

Authors

  • Anisa Rahmawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v3i1.1131

Keywords:

Studi Kepustakaan, Pemecahan masalah matematis, Relistics Mathematics Education

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan fundamental dalam pembelajaran matematika dan merupakan salah satu tujuan utama dari pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan bahan ajar matematika berbasis RME  terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar matematika berbasis RME berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, hal ini disebabkan  karena dalam bahan ajar tersebut dapat (1) Bahan ajar tersebut memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan mereka, (2) Siswa diberikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (3) Siswa termotivasi karena menggunakan permasalahan yang ada di lingkungan mereka. (4) Siswa dapat kreatif juga turut aktif dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2019-07-29
Abstract viewed = 564 times