Penerapan Bahan Ajar Bangun Ruang Tabung Berbasis Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v3i1.1128Keywords:
rme, materi bangun ruang tabung, bahan ajar matematika berbasis pendekatan rme, kemampuan pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahan ajar matematika pada materi bangun ruang tabung berbasis pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar matematika pada materi bangun ruang tabung berbasis pendekatan RME berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, hal ini disebabkan karena dalam bahan ajar tersebut dapat 1) Bahan ajar memfasilitasi siswa dalam menemukan kembali penemuan konsep matematika pada materi bangun ruang tabung, 2) Siswa diberikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan materi bangun ruang tabung dengan masalah nyata ataupun benda nyata di sekitarnya, 3) siswa termotivasi ikut pembelajaran karena bahan ajar yang digunakan dikaitkan dengan permasalahan yang ada di sekitar dan dikerjakan secara berkelompok, dan 4) siswa akan termotivasi untuk berdiskusi mengeluarkan pendapatnya dalam kelompoknya maupun antar kelompok mengenai konsep matematika pada materi bangun ruang tabung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.