PENERAPAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS RME TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v2i2.1118Keywords:
RME, bahan ajar matematika berbasis RME, Kemampuan penalaran matematisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathemathics Education (RME) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar matematika berbasis RME diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa khususnya pada subbab Faktorisasi aljabar hal ini disebabkan karena dalam bahan ajar tersebut (1) Siswa diberikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau nyata sehingga diharapkan akan membuat siswa termotivasi. (2) Pada bahan ajar tersebut terdapat indikator kemampuan penalaran matematis siswa yang diharapkan dapat melatih dan memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa (3) Keterlibatan dan minat siswa akan meningkat karena menggunakan permasalahan yang ada dilingkungan mereka. (4) Pada bahan ajar tersebut terdapat prinsip dan karakteristik RME yang diharapkan dapat meningkatkan minat, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.