Pengaruh Metode Pembelajaran PQRST Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v2i1.1117Keywords:
Metode PQRST, pemahaman konsep matematika siswa, Pola Barisan dan DeretAbstract
Ide penelitian ini muncul dari fenomena di sekolah tentang tingkat kemampuan matematika siswa yang relatif rendah. Khususnya di kelas IX. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah kesulitan siswa dalam memahami masalah dalam sebuah soal. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh dari metode pembelajaran Preview, Question, Rewrite, Solve, Test. Penelitian ini juga mencari tahu apakah metode pembelajaran PQRST dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa kelas IX di SMPN 3 Kota Sukabumi pada materi Pola, Barisan, dan Deret. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMPN 3 Kota Sukabumi. Di mana diambil dua kelas, yaitu kelas IX F dan IX G yang masing-masing kelasnya berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data diambil menggunakan instrumen berupa lembar kerja siswa yang terdiri dari 5 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Instrumen terlebih dahulu diuji cobakan kepada 8 siswa kelas IX di SMPN 3 Kota Sukabumi yang dipilih secara acak serta diuji validitas dan kelayakan soalnya. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Sampel tidak berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang berbeda. Maka dari itu, uji statistik yang digunakan adalah Uji U Mann-Whitney guna mencari tahu pencapaian kelas mana yang lebih baik, apakah kelas IX F yang tidak diberi perlakuan metode Preview, Question, Rewrite, Solve, Test. atau kelas IX G yang diberi perlakuan metode Preview, Question, Rewrite, Solve, Test.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian kelas IX G tidak lebih baik dari kelas IX F. Ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Preview, Question, Rewrite, Solve, Test tidak memberi peningkatan terhadap hasil belajar siswa, sehingga pemahaman konsep matematika siswa kelas IX di SMPN 3 Kota Sukabumi pada materi Pola, Barisan, dan Deret tidak meningkat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.