PENERAPAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v2i2.1116Keywords:
RME, trigonometri, bahan ajar berbasis RME, kemampuan pemahaman konsep matematis, self-confidenceAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan bahan ajar matematika berbasis RME terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan bahan ajar matematika berbasis RME diharapkan dapat memberi pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence siswa. Hal ini disebabkan karena (1) Pendekatan pembelajaran RME diimplementasikan terhadap RPP dan bahan ajar berupa LKS dengan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME, (2) Siswa diberikan kesempatan untuk membangun ide atau pengetahuan mereka sehingga memudahkan ketercapaian indikator-indikator pemahaman konsep matematis siswa, (3) Aktivitas pembelajaran dirancang secara interaktif, mengarahkan siswa pada kemampuan melakukan sesuatu dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya sehingga dapat mengaktifkan self-confidence siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.