PENERAPAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Authors

  • Iryani Dinar Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v2i2.1116

Keywords:

RME, trigonometri, bahan ajar berbasis RME, kemampuan pemahaman konsep matematis, self-confidence

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan bahan ajar matematika berbasis RME terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan bahan ajar matematika berbasis RME diharapkan dapat memberi pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence siswa. Hal ini disebabkan karena (1) Pendekatan pembelajaran RME diimplementasikan terhadap RPP dan bahan ajar berupa LKS dengan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME, (2) Siswa diberikan kesempatan untuk membangun ide atau pengetahuan mereka sehingga memudahkan ketercapaian indikator-indikator pemahaman konsep matematis siswa, (3) Aktivitas pembelajaran dirancang secara interaktif, mengarahkan siswa pada kemampuan melakukan sesuatu dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya sehingga dapat mengaktifkan self-confidence siswa.

Downloads

Published

2019-01-27
Abstract viewed = 1260 times