PENERAPAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v2i2.1114Keywords:
Realistic Mathematics Education (RME), Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Representasi MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa melalui bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan Jenis Penelitian Studi Kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini dikarenakan di dalam Lembar Kerja Siswa tersebut terdapat: (1) Memfasilitasi peserta didik untuk mengkonstruksikan pengetahuan peserta didik melalui representasi yang beragam, (2) Peserta didik dilatih untuk mengerjakan soal yang terdapat dikehidupan sehari hari melalui representasi yang beragam, (3) Peserta didik dapat termotivasi karena metode tersebut membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. (4) Peserta didik dapat menjunjung tinggi arti kebersamaan, kekompakan dan kerja sama. (5) Selain dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa, metode ini juga sekaligus dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah serta kemampuan komunikasi matematis siswa dalam proses pembelajarannya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.