PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v2i2.1112Keywords:
Realistic Mathematics Education (RME), Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis RME, Kemampuan Penalaran MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. LKS yang digunakan selama ini belum tentu menuntun siswa untuk aktif membangun pemahamannya sendiri. Maka sangat perlu diterapkan LKS yang dapat menuntun siswa untuk aktif membangun pemahamannya, salah satu inovasinya yaitu dengan menerapkan LKS berbasis RME untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam membangun sendiri pengetahuannya serta dapat mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari dalam pemecahan masalah kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan dengan pengumpulan informasi dan data secara mendalam melalui berbagai literatur, buku, catatan, serta hasil penelitian sebelumnya yang relevan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan dugaan penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan persegi panjang. Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal, seperti: 1) LKS berbasis RME ini memfasilitasi siswa agar memiliki kebebasan dalam mengkonstruksikan pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki. 2) LKS berbasis RME ini juga memfasilitasi siswa dalam peningkatan kemampuan penalaran, berpikir kreatif, keaktifan dalam mengintregasikan masalah sehari-hari untuk menyelesaikan soal. 3) LKS berbasis RME ini dapat memotivasi siswa karena didalamnya berisi kegiatan percobaan untuk menemukan konsep keliling dan luas persegi sehingga dapat membangkitkan motivasi dan semangat siswa dalam belajar. 4) LKS berbasis RME ini memiliki tampilam menarik dan tidak monoton serta langkah-langkah yang terdapat pada LKS dapat mudah dipahami siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.