PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTU SISTEM REWARD CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Authors

  • Tiara Irawati

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v1i2.1107

Keywords:

model pembelajaran TGT, reward card, pemahaman konsep matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) berbantu sistem reward card dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi-eksperimen dengan desain the nonequivalent pretest-posstest control group design.Instrumen yang digunakan yaitu soal pemahaman konsep, lemabar observasi, dan lembar validasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) berbantu sistem reward card lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT), (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) berbantu sistem reward card lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (3) tidak terdapat perbedaan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan model pembelajaran langsung.

Downloads

Published

2018-01-27
Abstract viewed = 352 times