PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TAI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37150/jp.v1i2.1104Keywords:
Model pembelajaran NHT, Model pembelajaran TAI, pemahaman konsep matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran NHT dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran TAI dan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi-eskperimental dengan desain posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 16 Kota Sukabumi. Sampel penelitian ini ada 3 kelas. Instrumen yang digunakan yaitu soal pemahaman konsep dan lembar observasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT, model pembelajaran TAI, serta model pembelajaran langsung, (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran TAI, (3) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung, (4) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan modep pembelajaran TAIĀ tidak lebih baik dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.