PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB DI SMK PASIM PLUS KOTA SUKABUMI

Authors

  • Willani Oktaviyani Mahasiswa
  • Luthpi Saepuloh Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Heni Wulandari Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.919

Keywords:

Media, E-Learning, Moodle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa website e-learning dengan nama domain https://moodle.pasimlearning.com yang layak digunakan untuk proses pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Borg & Gall. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dan wawancara, dengan menggunakan intstrumen pengumpulan data berupa lembar validasi yang teridiri atas lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan angket respon peserta didik. Partisipan penelitian adalah peserta didik kelas XI OTKP 1 SMK Pasim Plus Sukabumi sejumlah 5 orang di uji coba skala kecil dan 20 orang di uji coba skala besar. Hasil akhir penilaian pada produk yang dikembangkan menunjukkan rerata 4,4 dari skala 5 (Sangat Layak) dari ahli media, rerata 5 dari skala 5 (Sangat Layak) dari ahli materi, dan rerata 4,1 dari skala 5 (Layak) dari 5 peserta didik uji coba kecil, serta rerata 4,6 dari skala 5 (Sangat Layak) dari 20 peserta didik uji coba besar. Dengan demikian, https://moodle.pasimlearning.com sangat layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran jarak jauh.

References

Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 51–62. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/327

Prasetyo, B., & Trisyanti, D. (2019). REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN PERUBAHAN SOSIAL. Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0” REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 22–27.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenadamedia Grup.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta.

Triyono, M. B. (2017). TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI KE 4 (i4.0) BAGI PENDIDIKAN VOKASI. Seminar Nasional Vokasi Dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 4, 1–5.

Downloads

Published

2020-12-29
Abstract viewed = 136 times