PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKABUMI

Authors

  • R.Ichsan Andi Wibowo Mahasiswa
  • Luthpi Saepuloh Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.925

Keywords:

Media Pembelajaran, Augmented Reality, Tiga Dimensi (3D).

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Research and Development, bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan pengetahuan siswa tentang perkembangan teknologi, dalam hal ini adalah teknologi Tiga Dimensi yaitu Augmented Reality (AR). Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara kepada guru pengampu, dan melalui observasi di kelas. Sedangkan metode pengumpulan data melalui angket penilaian kelayakan media dari ahli materi, ahli media, dan penilaian pengguna yaitu siswa. Dengan media pembelajaran AR tersebut diharapkan dapat memperkaya media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan mempermudah dalam proses transfer ilmu dari guru kepada siswa, dengan media pembelajaran 3D ini juga siswa diharapkan dapat terbantu dan lebih mudah dalam memahami pelajaran produki video, pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital, kelas X-TKJ di SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi.

References

Alfianika, N. (2018). Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Deepublish.

Burhanudin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem. Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), 266–274.

Mukti, F. D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR UNTUK SISWA KELAS V MI WAHID HASYIM [State Islamic University Sunan Kalijaga]. digilib.uin-suka.ac.id

Tatik Sutarti dan Edi Irawan. (2017). KIAT SUKSES MERAIH HIBAH PENELITIAN PENGEMBANGAN. Deepublish.

Sugihartini, N., Jayanta, N. L., Putu, N., & Sucita, D. (2017). E-MODUL MATA KULIAH ASESMEN DAN EVALUASI BERBASIS Analyze Implement Evaluate Design Develop. 824–830.

Downloads

Published

2020-12-29
Abstract viewed = 257 times