Pengembangan Pembelajaran Literasi Berbasis Creative Thinking untuk Membekali Kemampuan Literasi Membaca Mahasiswa Calon Guru SD Menuju Masyarakat Ekonomi Asean

Authors

  • Rohmat Widiyanto Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v3i1.88

Keywords:

pembelajaran literasi, creative thinking, MEA

Abstract

Turut sertanya Indonesia dengan masyarakat global seperti MEA, (Masyarakat Ekonomi Asean), AFTA dan
APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) akan memunculkan kekhawatiran pada bangsa, ketika SDM yang dimiliki
Indonesia saat ini belum cukup mampu dan siap untuk menghadapi globalisasi maka bangsa Indonesia akan mengalami
ketertinggalan, pernyataan tersebut dapat ditelisik dari beberapa survey internasional seperti Program International
Student Assesment (PISA) dalam studi internasional tentang prestasi literasi membaca, mahasiswa Indonesia usia 15
tahun ke atas menduduki peringkat ke 39 dari 41 negara yang disurvei. Selanjutnya ditinjau dari lembaga/universitas
yang menghasilkan calon tenaga ahli juga masih sangat rendah, peringkat universitas di Indonesia yang berada di
bawah universitas Singapura dan Thailand (OECD, 2013). Mahasiswa PGSD UMMI sebagai calon tenaga profesional
tidak dapat mencapai performance dan skill yang baik tanpa bimbingan yang terampil dan profesional, waktu belajar
yang cukup, sumber belajar serta yang tidak kalah pentingnya adalah pola belajar dan pola pikir. Pembelajaran literasi
berbasis creative thinking merupakan kerangka konseptual yang digunakan sebagai panduan untuk melaksanakan
kegiatan di kelas untuk meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan literasi dan kecakapan berpikir. Dengan
kemampuan literasi dan kecakapan berpikir kreatif diharapkan lulusan perguruan tinggi khususnya PGSD UMMI dapat
mempersiapkan diri menyongsong masyarakat global 2015-2020.Metode Penelitian ini menerapkan model penelitian R
& D (Research and Development) yang mengembangkan pembelajaran literasi berbasis learning trajectori (lintasan
belajar) dipadu kreativitas untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca, dan berpikir kreatif bagi calon guru
Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2018-05-14
Abstract viewed = 536 times